Rabu, 13 Juli 2011

GAT-X102 Duel Gundam Assault Shroud (HG) (Gundam Model Kits)

Sejarah
Duel ini adalah Mobile Suit pertama yang dikembangkan dibawah Aliansi Bumi "G Proyek", selama awal pembukaan Perang Valentine Berdarah. Mobile Suit itu berperan sebagai versi test untuk Buster GAT-X103, GAT-X105 Strike, GAT-X207 Blitz, GAT-X303 Aegis dan merupakan Mobile Suit pertama yang dilengkapi dengan Armor bersistem Phase Shift. Pada tanggal 25 Januari, CE 71, Mobile Suit Duel dicuri dari fasilitas Morgenroete Heliopolis, Inc 's oleh pilot ZAFT, yaitu : Yzak Joule mobile.
Yzak kemudian menggunakan Mobile Suitnya bersama dengan rekan-rekannya yang juga mencuri Mobile Suit lain untuk mengejar Archangel yang dalam hal ini dalam perjalanan ke Bumi. Selama pengejaran ini Yzak bertemu & melawan Aile Strike Gundam yang dipiloti oleh Kira Yamato selama beberapa kali dan juga mengambil bagian pengrusakan terhadap Benteng luar angkasa Artemis milik Federasi Eurasia. Akhirnya, Mobile Suit Duel pun dapat dikalahkan oleh Strike Freedom Gundam dan mengalami beberapa kerusakan pada lengan & terutama yg paling parah, yaitu pada kokpitnya. Menyebabkan luka pada wajah Yzak. Setelah pertempuran ini, Mobile Suit Duel langsung dilengkapi dengan baju besi/armor seberat 34,37 ton yang disebut Assault Shroud Armor, yang dimana terus digunakan sampai akhir perang.

Ketika Archangel turun ke bumi, Yzak dan Mobile Suitnya terus melawan kapal tersebut, pertama sebagai bagian dari tim Andrew Waltfeld dan kemudian bersama dengan rekan-rekannya dari kapal selam kelas Vosgulov. Meskipun dari sejumlah pertempuran, timnya tidak pernah mampu menghancurkan Archangel melainkan yang terjadi adalah kehilangan teman-teman mereka, yaitu : Nicol Amalfi, seorang pilot dari Mobile Suit Blitz, dalam pertempuran melawan Aile Strike Gundam.

MS. Duel juga mengambil bagian dalam Operasi berbahaya Spit Break, serangan pada basis EA JOSH-A, serta serangan sukses di Spaceport Panama. Ketika Aliansi memperkenalkan Mobile Suit yang pertama kali diproduksi secara massal, yaitu Mobile Suit GAT-01 Strike Dagger, Duel terbukti sangat efektif dalam pertempuran melawan MS-MS tersebut dan seiring dengan peningkatan penghancuran Mobile Suit dengan cepat oleh MS.Duel yang mengagumkan. Ketika rekan-rekan sesama prajurit ZAFT mulai membantai prajurit Aliansi sebagai balas dendam dari kerugian yang dialami selama Operasi Spit Break Operasi, Yzak telah muak dengan tindakan mereka.

Duel akhirnya kembali ke luar angkasa dan mengambil peran bersama dengan yang lain dalam pertempuran di sekitar koloni Mendel dan pertempuran selanjutnya di sekitar plant negaranya. Dia juga berjuang dalam Pertempuran Kedua, yaitu pada Jachin Due, pertempuran terakhir ini, di mana ia membela Plant dari serangan nuklir Aliansi Bumi. Selama pertempuran itu pula MS. Duel menghancurkan GAT-X252 Forbidden, dengan mengorbankan Armor Assault Shroudnya sebagai umpan. Setelah Duel Assault Shroud hilangnya armornya, Yzak membantu temannya “Dearka Elsman” dalam pertempuran melawan Raider GAT-X370, yang juga dihancurkan dengan menggunakan senapan Buster. Setelah perang berakhir, MS. Duel tampaknya dinonaktifkan, bersama dengan unit saudara-nya: Buster.

Aliansi Bumi akhirnya menciptakan beberapa varian dari MS. Duel tersebut. Unit pertama adalah GAT-01D Long Dagger, yang berperan sebagai testbed untuk Natural OS dan produksi massal secara terbatas, dan selanjutnya, yaitu : GAT-01D1 Duel Dagger. Setiap Mobile Suit secara opsional dapat menggunakan modus disebut Fortresta, yang mirip dengan Armor Duel Assault Shroud. Selain itu setidaknya satu MS. Duel yang lain dibangun, yang merupakan peningkatan oleh Actaeon Industries di GAT-X1022 Blu Duel, dan dikemudikan oleh anggota Pain Phantom, yaitu : Mudie Holcroft.

Teknologi dan Karakteristik Kombat
Armamen/persenjataan MS. Duel agak sederhana dan simpel, terdiri dari 2 mount "Igelstellung" 75mm multi-barel senjata CIWS, yang kemudian akan menjadi persenjataan standar dan paling cocok untuk digunakan menembak jatuh rudal masuk dan unit musuh yang berada di dekatnya. Untuk pertempuran jarak dekat, Mobile Suit ini menampilkan dua beam saber, yang biasanya dipasang di bagian belakang/bahu Mobile Suit. Untuk perang jarak jauh MS. Duel juga menggunakan energi tinggi beam rifle dengan peluncur granat 57mm mount 175 milimeter yang terintegrasi. Sedangkan untuk pertahanan Mobile Suit ini me-mounting satu perisai tunggal. Selain itu MS. Duel juga memiliki bazoka sebagai senjata opsional, yang sarat misil dengan daya ledak tinggi. Bazooka diambil dari dan yang digunakan oleh MBF-P01 Gundam Astray Gold Frame untuk melarikan diri dari Heliopolis.

Setelah dicuri oleh ZAFT dan rusak dalam pertempuran, Mobile Suit ini di upgrade dengan Armor Assault Shroud, yang pas dengan beberapa plat armor di seluruh tubuhnya dan dapat dilepas jika diperlukan (sesuai kebutuhan). Armor ini merupakan suatu hal yang menambah nilai tambah pada Mobile Suit ini selain dari sistem "Shiva" 115mm Railgun di bahu kanan dan 220 mm 5 per-barel pod rudal di bahu kiri untuk persenjataan tambahan.

Seperti halnya dengan Mobile Suit lainnya yang dikembangkan dibawah Proyek-G, MS. Duel dilengkapi dengan Phase Shift armor baru, yang memberikan daya tahan yang tinggi terhadap tembakan dari senjata dengan shell atau sejenis misil maupun rudal.
Statistik
  • Nomor Model                        : GAT-X102
  • Nama Kode                           : Duel Gundam
  • Tipe Unit                                : Prototipe Mobile Suit untuk pertempuran jarak dekat atau Melee.
  • Produsen                              : 
    Morgenroete, Inc.
  • Operator                               : Aliansi Bumi (Atlantic Federation); ZAFT (Zodiac Alliance of Freedom Treaty).
  • Peluncuran pertama           : 25 January C.E. 71
  • Akomodasi                            : Hanya pilot, kokpit standar dalam batang tubuh.
  • Dimensi                                 : Tinggi Kepala 17.50 meter.
  • Berat                                     : Max. Berat kotor 69.1 metrik ton (Modus normal), 103.47 metrik ton (Modus Assault Shroud).
  • Material Armor                    : Tidak diketahui.
  • Pembangkit Tenaga           : Ultra compact energi baterai, rating output daya tidak diketahui.
  • Desain & Fitur peralatan   : Sensor, Jarak tidak diketahui; Armor Phase Shift (PS).
  • Persenjataan tetap            : 2 x "Igelstellung'"75mm multi barel CIWS, penembakan dihubungkan, mounting di kepala adalah 2bh beam saber, sedangkan yang  terpasang di belakang bahu, yaitu :"Shiva" 115mm Railgun, dipasang di bahu sebelah kanan (hanya pada modus Assault Shroud); 220 mm 5-pod rudal barel, dipasang pada bahu kiri (hanya pada modus Assault Shroud), sedangkan perisai dipasang di lengan kiri. 
  • Optional hand armaments : 57mm energi tinggi beam rifle berikut 175mm peluncur granat & Hyper Bazooka.

Kokpit

Missile Pod

Hyper Bazooka
Beam Rifle

GAT-X102 Shield/Perisai
GAT-X102 Duel Gundam Assault Shroud varian HG skala 1/144 (Model Kit)
Box packaging

Konten

Konten

Manual

Manual
Video

Tidak ada komentar: