Sabtu, 03 Maret 2012

TF Human Alliance Bumblebee ROTF Toy Review

Ketika film layar lebar Transformers Movie 2007 keluar, Hasbro mengakhiri dalam memproduksi lini alternator karena mereka tidak ingin memiliki dua lini "saling bersaing" dalam desain pada saat yang sama. Sebuah keputusan yang logis menurut saya, tetapi masih berarti akhir yang besar dalam detail TF untuk sementara, setidaknya.

Bumblebee dan Sam adalah teman baik hampir dari saat mereka pertama kali bertemu muka. Seiring itu pula mereka belajar lebih banyak tentang satu sama lain, persahabatan mereka tumbuh lebih dalam dan lebih dalam lagi. Sekarang, baik Sam dibelakang kemudi, ataupun berdiri berdampingan dengan temannya, mereka bekerja sama sebagai tim. Baik Bumblebee dan teman manusianya, tidak ada Decepticon yang dapat memisahkan mereka.

Ingat bagaimana Sam punya teman yang suka memanjat pohon? Bumblebee muncul namun anehnya anak itu tidak pernah terlihat lagi sepanjang film. Apakah ia dibunuh oleh seorang gelandangan berjalan pulang setelah Sam membuang dia di taman? Dan seterusnya pertanyaan ini tidak pernah terjawab. Sam mendapat robot luar angkasa namun tiba-tiba robot itu sudah terlalu keren untuk semua teman-teman lamanya? Yup, agak aneh memang namun begitulah film dan hidup. Ok, intinya untuk Transformers 2, Hasbro telah memperkenalkan subline baru, Aliansi Manusia. berpasangan dengan robot (dalam maksud interaksi), Aliansi Manusia/Human Alliance version menjaga sepenuhnya lisensi desain kendaraan orisinalnya untuk versi ini, dan tidak ada Seri Premium untuk lini ini seperti halnya yang terdapat pada Movie 2007-nya.
Seperti yang Anda tahu, kontinuitas film adalah menciptakan mainan dengan desain spesifik kendaraan tertentu yang sama dan atas lisensi dari produsen manufaktur nyatanya hingga pada detil yang maksimal/se-detil mungkin. Dalam hal ini, Bumblebee tampil sebagai Camaro SS konsep 2010. Hal ini jarang sekali terutama  untuk mobil konsep dapat benar-benar masuk dalam  
produksi, tetapi itu karena biasanya tidak ada yang melihat Camaro konsep tersebut di luar Chicago Auto Show - dan film Transformers membuatnya terkenal, sejak saat itulah permintaan akan mobil tersebut pun hadir, dan hal ini pun menjadi bagian dari penggalan kisah dari Camaro SS 2010 sebagai mobil nyatanya dalam meningkatkan produksi massalnya di USA ataupun diseluruh dunia.  

Ada beberapa perbedaan antara mobil nyata/massalnya dengan yang digunakan pada film Transformers 2 yaitu tipe Camaro SS konsep, seperti rims/velg, lampu depan,dan lain-lain. Namun Human Alliance Bee memang diambil dari filmnya. 

Interior mobil tidak serinci dan seakurat seperti yang ada pada lini alternator, namun para desainer paling tidak telah mencoba yang terbaik kali ini. Roda kemudi sebagai contohnya  memang dapat berputar namun sayangnya tidak memiliki lambang/Insignia Autobot di tengahnya, seperti apa yang diharapkan oleh para pecinta detail, dan meskipun kursi dirancang secara akurat tetapi tidak ada dashboard atau konsol tengahnya. Pengemudi dan penumpang pintu memang terbuka, namun sayangnya tidak untuk kap maupun bagasinya/masih bersifat statis.
Interior
Mengkonversi Bee adalah suatu proses kompleks: dia terdaftar sebagai level 3, atau "Advanced", dan hal ini tampaknya tepat/pas. Agak sulit untuk mendapatkan senjata untuk keluar dengan cara yang benar, dan kaki bagian bawah cukup agak keras untuk bisa keluar sesuai dengan apa yang para antusias harapkan. Bagian kepala terbentur terhadap kap ketika Anda mencoba untuk menaikannya, dan benjolan kecil di pinggangnya tampaknya tidak menempel kemana-mana. Bagian yang paling menyebalkan adalah potongan dari grill depan : mereka menarik keluar dan memutar untuk menduplikasi "rusak" sesuai penampilan dada Bee yang ada pada filmnya, namun sayangnya pegasnya terlalu mudah sekali menarik kembali ke tempat asalnya, dan hal ini membuat anda bertanya-tanya bagaimana menguatkan bagian dada itu sehingga dapat berposisi sesuai apa yang diharapkan, tanpa harus diadakan penguncian.
Setelah Anda mendapatkan Bumblebee berubah menjadi robot, dia punya jajaran artikulasi yang menurut saya cukup mengesankan. Leher, bahu, bisep, siku, pergelangan tangan kiri, jari dan ibu jari (tangan kanan diubah menjadi blaster), pinggang, pinggul, paha, lutut dan pergelangan kaki ganda ketat dan baik semua menambahkan nilai tambah sehingga Bee pun mempunyai nilai yang baik di kalangan antusias ataupun kolektor dan saya rasa Hasbro maupun Takara telah menjalankan perannya dengan  cukup. 
Ditambah lagi Bee versi ini mempunyai sesuatu yang dimana Bumblebee sebelumnya tidak pernah dimiliki, yaitu: Battle Mask dengan sistem flip-down! Ya, hal inilah yang telah ditunggu oleh para antusias/kolektor sejak film pertamanya, yang bahkan Bumblebee termahal Ultimate seri Movie 2007 pun tidak  memilikinya. Ini adalah fitur dan hal baru pertama dalam lini Bumblebee yang sangat di sambut oleh para antusias.

Blaster di lengan kanannya merupakan opsional yang berfungsi sebagaimana mestinya selain itu ada juga senjata flip-out lain, Berbicara soal aksesoris, satu-satunya yang penting adalah figur dari Samuel James Witwicky. " Aliansi Manusia", ladiesman217 berdiri dengan tinggi hampir 2 ½ inci. Moldingnya  memang tidak begitu istimewa, tapi apa yang bisa Anda harapkan? Dia hanyalah miniatur dengan tinggi se-pinggang dari figur GI Joe dan ada lubang pada punggung Sam, yang digunakan untuk menempelkan Sam pada kursi mobil, sehingga dia akan tinggal disana dengan kokoh

Sekarang kita bahas mengenai artikukasi figur Sam, Sam memiliki keuntungan dan ciri khas artikulasi: kepala, bahu, dada, pinggul dan lutut. Itupun menurut saya sudah cukup mengesankan, lebih bagus lagi bila anda menyadari bahwa pada bagian leher dan dada adalah balljoints, dan sisanya adalah semua engsel putar-combo. Yang dimana hal ini menambahkan hingga 14 poin single artikulasi, sejumlah benar-benar kuat pada sesuatu ukuran ini. Mereka memang bukan sendi terbaik, tapi paling tidak joint tersebut melayani tujuan dan fungsi mereka. 


Ada tiga cara untuk Bumblebee bisa membawa SAM, yaitu : flip lengan Bee ke kursi mobil yang ada baik pada  lengan kiri ataupun lengan kanan, bahkan pada dudukan lengan kiri Bee SAM dilengkapi dengan harness. Selain itu, SAM bisa naik di belakang bahu kanan Bumblebee, di mana terdapat satu senjata juga untuk SAM.


Saya pikir HA Bee worthed. Dibuat dalam skala yang sama dengan lini alternator, lebih atau kurang: dengan tinggi sekitar 7 ½ inchi, dan bentuk mobilnya dengan panjang 5 inchi. Figur SAM-nya sendiri pun telah cukup baik terutama untuk ukuran yang kecil namun telah memiliki banyak poin artikulasi, hal ini merupakan pencapaian yang sudah lebih baik bagi produsennya dan set/hal ini pun cukup untuk meyakinkan saya untuk memberikan poin 7 pada figure dan membelinya. Apabila beginilah standar mainan/figur Transformers yang akan Hasbro maupun Takara rilis, saya pikir saya sudah cukup dengan rilis-rilis normal terutama Scout Class. Namun bagi penyuka Bee, saya rekomen anda harus memiliki Bee yang varian ini selain dari seri Deluxe dari lini Animated,dan seterusnya.
 

Tidak ada komentar: