Senin, 02 April 2012

Sci-Fi Revoltech No.030 Optimus Prime Toy Review

Revoltech Optimus No.030 Sci-Fi version

Optimus Prime digambarkan sebagai pemimpin dari karakter fiksional Transformers Autobots yang muncul dalam ketiga film action layar lebarnya, sejauh ini tidak ada perubahan dalam desain mekanis. Dia selalu tampil sebagai sosok pemimpin yang adil dan berani pada semua filmnya, yaitu berjuang di sisi manusia untuk melindungi Bumi dari kelompok Decepticons yang jahat (setidaknya maksud dari cerita filmnya seperti itu).

Karakter Optimus Prime dikemas oleh Kaiyodo dalam kemasan Sci-Fi Revoltech yang menampilkan Velcro penutup dan pembuka flip. Ada banyak informasi pada boxnya baik mengenai film dan juga figurnya, sayangnya semua dalam bahasa jepang namun benar-benar membuat kemasan tampil profesional (seperti layaknya Revoltech pada umumnya).
Aksesoris
Optimus versi ini dilengkapi dengan setumpuk senjata, tangan tambahan yang bias bertukar-tukar dan plat nama. Seperti semua rilis Sci-Fi Revoltech, ia pun dilengkapi dengan kotak orange kecil di mana anda dapat menyimpan tangan tambahan. Senjatanya terdiri dari pisau energi beserta 4 jenis senjata yang berbeda.

Senjatanya tersebut dapat dihubungkan bersamaan dalam konfigurasi yang berbeda dan membentuk berbagai jenis senjata, dan ada juga beberapa tempat seperti di lengan dan bahu pada figure ini yang dapat dihubungkan oleh senjatanya ini sehingga si senjata dapat tampil dari bahu,dll. Saya tidak yakin mengapa ada begitu banyak opsi senjata padanya, namun saya sendiri lebih suka dengan dua bilah pedang energinya saja, yup itu kl menurut aku.

Secara keseluruhan saya akan menilai Kaiyodo telah melakukan pekerjaan yang bagus, baik dari detail maupun keakuratan penduplikasian karakter dan dalam menangkap desain Optimus Revoltech ini dari film layar lebarnya, meskipun memang ada beberapa hal bagi saya pribadi yang ingin saya lihat berbeda. Yang pertama adalah proporsinya gan. Bagi saya ini versi Optimus terlihat sedikit terlalu gemuk, terutama di sekitar bahu. Memang bukan masalah besar akan tetpi Optimus sudah seharusnya terlihat menjadi sedikit lebih ramping. Masalah lain terletak dalam seri itu sendiri, yaitu : sendi/joint revolver. Joint/sendi tersebut memberi terlalu banyak ruang bermain di dalamnya sehingga membuat figur ini tidak begitu kaku sesuai apa yang diharapkan oleh para antusias.


Saya memang tidak pernah benar-benar menjadi penggemar besar dari sendi/joint ini namun mereka telah cukup banyak melakukan suatu kreatifitas dengan baik dalam membuat figure yang mempunyai artikulasi yang banyak, alasan itu juga yang membuat saya terus kembali lagi ke lini ini.

Artikulasi
Hal lain yang Kaiyodo lakukan dengan baik adalah tentunya artikulasi dan figur ini memiliki poin untuk hal itu. Pose apa pun yang anda bayangkan figure ini dapat berikan, setelah Anda mendapatkan semua joint/sendi dalam orientasi yang tepat walau terkadang memang rumit, namun tidaklah mustahil. Menurut deskripsi produknya terdapat total 19 joint/sendi revolver yang digunakan dalam mainan/figur ini, jumlah ini sudahlah jumlah yang cukup mengesankan untuk suatu mainan dalam skala kecil atau dengan tinggi 12-13cm, karena tingkat kesulitan dalam pemberian detil dan artikulasi yang terpikirkan pun menjadi tentative, kecuali apabila tinggi mencapat diatas 20cm, tentu hal ini bukanlah hal yang luar biasa namun biasa sekali. Inilah dasar penilaian saya sebagai penulis review terhadap figure ini yang juga saya anggap kelebihan menutupi disabilitasnya dalam bertransformasi, seperti layaknya figure TF pada umumnya yang rata-rata memiliki level transformasi.
Skema/Cat
Optimus Prime(versi Michael Bay) pada layar lebar/filmnya termasuk amat rumit dalam segi desain maupun pada tumpukan detail mekanis kecil di seluruh tubuhnya dan saya dengan senang sekali dalam review ini memberi pernyataan bahwa ternyata Kaiyodo telah berhasil melakukannya dengan sempurna. Aplikasi cat pada figur ini amat brilian. Tidak hanya cat yang sangat rapi bahkan hal/detil yang terkecil pun telah dipertimbangkan. Ilustrasi api yang memang harus ada pada setiap bagian bodinya juga di desain sangat baik dan sesuai dengan yang ada pada filmnya, bahkan gradien emas di lengan dan kaki lengkungan roda pun ikut direproduksi sehalus mungkin.

Secara Keseluruhan
Merupakan suatu representasi yang baik terhadap figur Optimus Prime dari fiksional Transformers, memiliki artikulasi yang banyak, sculpting yang akurat dan aplikasi/skema cat yang rapi dan detil sekali hingga hal terkecil pun. Selain itu harganya juga jauh lebih terjangkau dan mudah diperoleh ketimbang versi lainnya yang merupakan nilai tambah juga untuk unit ini. Saya tidak begitu keberatan apabila memang Optimus versi ini tidak dapat melakukan transform karena saya lebih suka menampilkan Transformers saya dalam mode robot pula. Untuk semua penggemar Transformers dan Revoltech, Optimus varian Revoltech yang ini sudah jelas wajib untuk dimiliki, sesuai fitur standar yang ia punya.

Terima kasih
telah membaca!
 
 

Tidak ada komentar: